Esemka Belum Layak, Pemerintah Pilih 'Endorse' Motor Gesits

Tiga menteri jajal motor listrik Gesits
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Meski kehadirannya diresmikan oleh Presiden Jokowi, namun ternyata Esemka belum cukup beruntung untuk mendapat dukungan dari pemerintah. Bahkan, mereka kalah dari produsen motor listrik Gesits.

Hal itu terungkap, usai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menggelar rapat soal persiapan Indonesia di pameran Hannover Messe 2020. Ajang itu akan digelar pada 20-24 April, di Jerman.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, Esemka dianggap belum memenuhi kriteria sebagai produk andalan Indonesia. Sebab, merek mobil itu diklaim masih pemula.

"Esemka kan belum produksi, jadi ditingkatkan dulu," ujarnya, dikutip dari VIVAnews, Sabtu 21 September 2019.

Airlangga menjelaskan, produk yang dibawa untuk dipamerkan kebanyakan berbasis teknologi masa depan. Salah satunya, kendaraan listrik berwujud sepeda motor buatan Gesits.

"Motor berbasis listrik, Gesit, itu akan kami bawa. Teknologi baterainya juga, karena kerja sama dengan Panasonic,” tuturnya.

Airlangga menjelaskan, produk buatan Indonesia yang dipamerkan adalah berorientasi ekspor dan investasi. Apalagi, Indonesia mulai menerapkan industri 4.0.