SUV Ini Jadi Mobil Terbaik 2019 Versi Jurnalis Otomotif Indonesia

Wuling Almaz
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Almaz menjadi pendatang baru di segmen menengah mobil sport utility vehicle. Produk besutan Wuling Motors itu, memiliki desain dan fitur menarik yang baru pertama kali ada di produk mobil Tiongkok. Tak heran jika kembaran Chevrolet Captiva itu berhasil mencuri perhatian masyarakat.

Tak hanya itu, Wuling Almaz juga berhasil menjadi kendaraan terbaik tahun ini berdasarkan pilihan jurnalis otomotif Tanah Air, yang tergabung dalam forum wartawan otomotif (FORWOT). Pada tahap awal, ada 36 mobil yang diluncurkan dan dijual di Indonesia mulai Agustus 2018 sampai Juli 2019.

Setelah itu terpilih lima finalis, yakni DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3, Suzuki Jimny, dan Wuling Almaz. SUV merek Tiongkok ini berhasil mengungguli empat rivalnya, setelah meraih penilaian tertinggi, yakni 159 poin.

Posisi kedua poin tertinggi diraih oleh produk baru dari merek Suzuki, yakni Jimny dengan angka 140 poin. Sementara itu SUV tiongkok lainnya, DFSK Glory 560 mendapatkan 92 poin. Di bawahnya ada Honda Brio dengan raihan 89 poin dan Mazda 3 meraih 80 poin.

Baca juga: Viral, baku hantam pengemudi mobil vs pemotor konvoi

Ketua Juri Forwot Car of The Year (FCY) 2019, Jeffry Yanto Sudibyo mengatakan, Wuling Motors menjadi merek otomotif kedua non-Jepang yang berhasil meraih gelar itu. Sebelumnya, produk mobil Kia Carens besutan perusahaan otomotif Korea Selatan, berhasil menyandang gelar sama pada 2013.

"Almaz terpilih jadi FCY 2019 karena berdasarkan penilaian para juri telah memenuhi kebutuhan konsumen, yakni memiliki fitur terlengkap di kelasnya, namun dengan harga jual yang terjangkau. WIND menjadi salah satusorotan para juri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu 16 Oktober 2019.

Penjurian FCY melibatkan 21 jurnalis dari berbagai media, dan setiap juri memiliki 25 poin untuk memberi penilaian. Ada 10 penilaian, yakni desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harganya.

Sementara itu, Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan, pencapaian tersebut memacu Wuling untuk terus meningkatkan layanan, produk serta inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada FORWOT atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan kepada Almaz sebagai FORWOT Car of the Year 2019," ucapnya.