Ford Sudah Lama Hengkang, Bengkel Resminya Ternyata Masih Ada

Logo Ford.
Sumber :
  • Ford

VIVA – Ford menjadi salah satu merek yang dikenal konsumen di pasar otomotif global. Perusahaan mobil asal Amerika Serikat itu sempat menawarkan jajaran produknya di Tanah Air. Sayangnya, pada awal tahun 2016 Ford memutuskan untuk hengkang, dan menyudahi bisnisnya secara mendadak.

Enam bulan sesudahnya, RMA Indonesia dipercaya untuk mengambil alih layanan purnajual. Sehingga, konsumen yang baru membeli, maupun telah lama menggunakannya bisa merasa tenang. Perawatan berkala serta ketersediaan sukucadang, bisa diperoleh melalui bengkel-bengkel resminya.

Setelah Ford hengkang dari Indonesia, kata Marketing and Sales Senior Manager RMA Indonesia, Yanto Mardianto, ada enam pelayanan yang diberikan kepada pemilik mobil, mulai dari layanan purnajual, ketersediaan sukucadang orisinal, garansi produk bagi yang masih memilikinya.

"Kami tetap mengadakan trainning, sehingga kualitas teknisi sesuai dengan standar internasional Ford. Lalu dihadirkan customer call center yang tetap ada sampai saat ini, dan terakhir emergency road assistance untuk konsumen dalam kondisi darurat," ujarnya di Bogor, Kamis 17 Oktober 2019.

Baca juga: Spesifikasi lengkap pikap baru India, Harga Mulai Rp278 juta

Sampai saat ini, kata Dia, ada 33 bengkel yang masih melayani servis dan perawatan mobil Ford. Lokasinya tersebar di berbagai wilayah seperti Aceh, Jambi, Pekanbaru, Palambang. Kemudian di Jakarta ada di Kelapa Gading, serta Bekas dan Bandung untuk wilayah Jawa Barat.

"Jawa ada di Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Di Kalimantan kami ada di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, serta Pontianak. Untuk pulau Sulawesi, ada di Makassar, Palu, Manado," paparnya.

Terkait ketersediaan sukucadang resmi, Yanto menyebut, pihaknya terus berupaya untuk menyediakan sukucadang orisinal sesuai dengan jenis kendaraan Ford yang beredar di Indonesia saat ini. Untuk harga yang ditawarkan, kata Dia, masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik mobil.

"Mobil yang di jalan masih banyak itu kan bisnis yang bagus. Tetap kami sediakan, Karena itu good bussines. Mobil yang servis, tahun 2010 aja masih ada. Berarti, semakin banyak mobil Ford tua yang jalan, servisnya bagus, logikanya begitu," tuturnya.