Senja Kala Pabrikan Mobil Konvensional

Wakil Presiden Toyota Motor Asia Pasicif David Nordstrom
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Ada isu menarik menjelang dibukanya Tokyo Motor Show 2019 ini. Dunia otomotif tak lagi menganggap kendaraan hanyalah sebuah mobil. Tapi lebih dari itu.

Industri otomotif sedang menuju perubahan terbesar dalam 100 tahun terakhir. Selama ini kendaraan identik sebagai alat pemindah. Dan sekarang ada perubahan model skala besar dari kendaraan yang dipamerkan di pagelaran bergengsi tingkat dunia ini.

Toyota misalnya. Dalam satu konferensi pers di depan jurnalis dari berbagai penjuru dunia di Odaiba Jepang, 22 Oktober 2019, terang-terang mengaku bahwa perusahaannya tengah melakukan perubahan besar untuk menjadi perusahaan mobilitas. Bukan lagi perusahaan produsen kendaraan. 

Wakil Presiden Toyota Motor Asia Pasicif David Nordstrom mengatakan, kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup konsumen. Kebutuhan kendaraan pun akan berubah di masa depan.

"Kami percaya mengubah perusahaan otomotif konvensional ke perusahaan mobilitas penuh dengan tantangan," kata Nordstrom.

Memang, bagi Toyota tak mudah melakukan perubahan ini. Mirip dengan transformasi pabrik pemintalan benang menjadi pabrik mobil pada 1933.

Kini dari tagline Moving Forward menjadi Mobility for All, membuat Toyota menyasar ke mana-mana. Tak hanya mobil, tapi juga peralatan canggih yang mendukung mobilitas manusia.

Lihat saja, produk-produk baru Toyota tak semuanya mobil. Seperti iRoad, iWalk, robot partner Hamo. Untuk mobil pun, mobil-mobil masa depan tak menggunakan bahan bakar fosil. Semua itu masuk dalam pilar Connected, Autonomous, Sharing, Electrification (CASE).  "Inilah dasar dari Mobility for All," katanya. 

Mobil-mobil masa depan Toyota LQ (kiri) dan Toyota Ultra-compact BEV. (VIVA.co.id/Hadi Suprapto)

Lalu bagaimana bagi perusahaan mobil yang tak mau bertransformasi?

Bagi Toyota, mobilitas kendaraan di dunia akan berubah. Karena itu dampaknya akan dirasakan jika perusahaan tidak mengubah pola bisnis.