Bukan Kaum Muda, Diler Daihatsu Ini Fokus ke Lansia

Program keselamatan berkendara Daihatsu untuk lansia di Jepang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Banyak cerita menarik selama perjalanan Daihatsu Media Tour Tokyo Motor Show 2019. Rombongan awak media bersama PT Astra Daihatsu Motor, pada hari pertama, Rabu 23 Oktober 2019 mengunjungi pameran berskala internasional tersebut.

Usai menyaksikan kehadiran perdana Daihatsu Rocky dan empat model baru yang wujudnya masih konsep, rombongan menikmati malam hari di Shibuya, salah satu pusat keramaian di Tokyo, Jepang.

Hari ini, Kamis 24 Oktober, perjalanan dilanjutkan menuju Prefektur Mie dengan menumpangi Shinkansen. Jauhnya jarak tidak terasa, karena ular besi itu melaju dengan kecepatan lebih dari 250 kilometer per jam.

Sesampainya di Prefektur Mie, rombongan diajak mengunjungi main dealer Daihatsu di kawasan tersebut. Mie Daihatsu adalah perusahaan yang dimiliki oleh perorangan, bukan bagian dari Daihatsu Motor Corporation. Perusahaan ini didirikan pada 1934.

Hingga saat ini, mereka telah memiliki 12 cabang, yang tersebar di prefektur tersebut. Pusatnya berada di Kota Matsusaka, dan diler mereka tersebar di kawasan tengah serta selatan dari Prefektur Mie.

Salah satu kegiatan yang rutin mereka adakan sejak 2016, yaitu pengenalan keselamatan berkendara untuk mereka yang sudah lanjut usia. Hal itu diungkapkan langsung oleh ?President of Mie Daihatsu Sales, Hayashi.

“Ada dua latar belakang dari kegiatan ini. Pertama, adanya penurunan angka kelahiran dan peningkatan rasio penduduk usia lanjut. Hal itu diasumsikan akan berdampak pada industri otomotif,” ujarnya di lokasi.

Latar belakang yang kedua, kata Hayashi, yakni banyaknya kecelakaan yang dialami oleh para pengemudi yang sudah berumur.

“Banyak berita di Jepang, kecelakaan karena menurunnya kemampuan dan respons pengemudi berusia lanjut,” tuturnya.

Kegiatan itu digelar sebanyak dua kali dalam satu tahun, dan diadakan di wilayah Matsusaka, Ise, Suzuka, serta Iga. Uniknya, acara tersebut diminati bukan hanya oleh para pengguna mobil Daihatsu saja.

“Kadang-kadang, konsumen mengajak teman mereka. Ada juga yang datang, usai membaca artikel di majalah. Kami tujuannya bukan jualan, tapi mencari solusi buat masalah sosial ini,” ungkap General Manager CSR Department Domestic Sales Group of DMC, Yoshino.

Usai mengunjungi diler, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan. Kawasan yang dituju sangat eksotik, yakni Kawaguchi. Daerah ini adalah salah satu favorit wisatawan, yang ingin merasakan dinginnya hawa di kaki Gunung Fuji.