Jelajahi Indonesia, Diam-diam Toyota Sedang Siapkan Mobil Terbaik

Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Toyota Motor Corporation (TMC) sedang menyiapkan mobil terbaik untuk Indonesia. Saat ini, prinsipal sedang mengumpulkan fakta langsung dari jalanan Indonesia melalui program Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020.

Bertempat di Toyota Driving Experience, Sunter Jakarta, segenap karyawan Toyota Indonesia menghadiri opening ceremony pelepasan perjalanan 5 Continents Drive yang mengusung semangat Genchi Genbutsu pada Selasa 12 November 2019. Tujuan akhir dari perjalanan ini adalah 'Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow'. 

Perjalanan menempuh jarak lebih dari 1.000 km dari Jakarta menuju ke Jawa Timur. "5 Continents Drive merupakan sebuah project implementasi dari salah satu pilar utama Toyota, yaitu Genchi Genbutsu atau mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya," Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata.

Semangat perjalanan ke lima benua ini untuk mendapatkan pelajaran secara langsung dari berbagai kondisi jalan, termasuk di dalamnya melihat kebutuhan konsumen dari berbagai belahan dunia. Nantinya akan menjadi modal utama bagi Toyota dalam menghadirkan kendaraan yang lebih baik bagi pelanggan. 

Berawal dari sebuah filosofi 'road train people and people make cars” dan berlandaskan semangat Genchi Genbutsu, Toyota Motor Corporation (TMC) bersama Toyota GAZOO Racing (TGR) terinspirasi untuk melakukan sebuah project perjalanan 5 Continents Drive.

Proyek ini dimulai pada 2014 di benua Australia, yang kemudian berlanjut ke benua Amerika Utara pada 2015, Amerika Selatan pada 2016, Eropa pada 2017, Afrika pada 2018, hingga ke benua Asia yang dimulai dari Timur Tengah pada awal 2019.

Lima tahun sejak perjalanan ini dimulai, 5 Continents Drive Project telah melalui jalanan di berbagai belahan dunia  sepanjang 108.600 kilometer, menghabiskan waktu sebanyak 449 hari, dan melibatkan lebih dari 693 peserta yang merupakan karyawan Toyota dengan spesialisasi di area pabrik, engineering, dan technical.

"Semangat Genchi Genbutsu mempunyai peranan yang sangat penting bagi Toyota di Indonesia untuk dapat memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dan unik," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Sebagai contoh, kata Henry, ada dua produk dengan semangat Genchi Genbutsu yang berhasil melekat di hati masyarakat Indonesia, yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Spesifikasi Kijang maupun Avanza didesain sedemikian rupa sesuai dengan berbagai kondisi jalan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

"Toyota Kijang telah menjadi mobil keluarga yang legendaris dan Avanza telah menjadi mobil keluarga paling laris dengan lebih dari 1,79 juta pengguna," katanya.