Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 16 November 2019 | 04:38 WIB

Toyota Jepang Tinjau Langsung Jalanan RI, Mau Bikin Produk Apa?

Team VIVA »
Hadi Suprapto
Foto :
  • Dok. TAM
Rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 di Tol Trans Jawa

VIVA – Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akhirnya tiba di Surabaya, Jumat 15 November 2019. Ini merupakan tujuan akhir dari proyek mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya ini untuk membuat mobil terbaik.

Di Indonesia, 5 Continents Drive yang sebagian besar engineer Toyota Motor Corp ini telah menempuh perjalanan lebih dari 1.000 km dari Jakarta. Mereka berangkat pada Selasa 12 November.

Baca Juga

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata mengatakan, melalui proyek ini Toyota berkomitmen untuk menerapkan pelajaran berharga yang mereka dapatkan setelah mengemudi secara langsung di berbagai kondisi jalanan Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

"Kami harapkan pengalaman berkendara di Indonesia ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk menghadirkan ever-better cars sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen,” katanya di Surabaya, Jumat malam.

Terpopuler

Perjalanan 5 Continents Drive mengusung semangat Genchi Genbutsu yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia, sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (VIVA.co.id/Hadi Suprapto)

Sunter-Surabaya

Diawali dengan opening ceremony yang dihadiri oleh seluruh karyawan di kantor pusat Toyota Indonesia di wilayah Sunter, Jakarta Utara, Tim 5 Continents Drive beranjak menuju pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat. Rombongan mendapatkan penjelasan secara langsung mengenai proses pembuatan beberapa model line-ups Toyota di Indonesia. Sehari sebelumnya beberapa perwakilan tim 5 Continents Drive mengunjungi rumah konsumen. Mereka melihat secara langsung aktivitas sehari-hari para pengguna Toyota. 

Pada Rabu, dalam perjalanannya ke kota Cirebon tim 5 Continents Drive berkunjung ke dealer group Toyota global. Tim gunakan kesempatan ini tak hanya untuk berdiskusi dengan pihak dealer mengenai kebutuhan konsumen, namun juga untuk memperkuat kolaborasi antar Toyota Group.

Perjalanan kemudian berlanjut ke kota Solo hingga Kamis. Saat itu tim merasakan jalan tol Trans Jawa sebagai penghubung utama antarkota. Melihat perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang cukup pesat menarik perhatian engineer Toyota yang tergabung dalam rombongan.

Setelah beristirahat dan menikmati cita rasa kuliner di kota Solo, tim 5 Continents Drive melanjutkan perjalanannya ke Gunung Bromo pada Jumat pagi, sebelum akhirnya sampai di Surabaya pada sore.

Di Bromo, tim menggunakan momen ini untuk berdiskusi dengan komunitas Toyota Fortuner, ID42NER. Komunitas sekaligus memberikan beberapa masukan penting terkait dengan produk yang sedang dipasarkan di Indonesia.

“Hadirnya Toyota Kijang dan Avanza merupakan semangat Genchi Genbutsu. Ini sudah kami terapkan sejak dulu," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto.

Tim 5 Continents Drive di Indonesia terdiri dari 27 perwakilan dari principal Toyota Motor Corporation (TMC) dan 4 perwakilan dari Toyota Indonesia. Mereka menggunakan sembilan produk yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush. Selain itu juga ada empat produk yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Nyobain Fitur Canggih All New Corolla Altis Hybrid
OTOMOTIF - 7 hari lalu