Cerita di Balik Toyota 5 Continents Drive

Rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 di Tol Trans Jawa
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA – Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 untuk wilayah Indonesia telah berakhir. Ada cerita-cerita lucu di tengah perjalanan 1000 km menyusuri Pulau Jawa, dari Jakarta hingga Surabaya.

5 Continents Drive merupakan program Toyota Motor Corp yang mengusung semangat Genchi Genbutsu, semangat mencari informasi dari sumber asal untuk mendapatkan produk yang terbaik. Tim keliling dunia untuk mencari informasi, baik itu komentar konsumen, melihat kondisi jalanan, maupun perilaku berkendara masyarakat setempat.

Kazuaki Abiru, kapten dari perjalanan ini mengaku terkejut dengan pola berkendara orang Indonesia, khususnya Jakarta. Tentu bukan cuma soal kemacetan.

"Kami kaget, tiba-tiba ada sepeda motor muncul di kiri, kanan, atau bahkan depan yang sangat mepet dengan kendaraan kami," kata dia setelah mengakhiri perjalanan di Surabaya, akhir pekan lalu.

Tak cuma itu, dia juga kaget dengan jalan tol baru, Trans Jawa. Jalan tol ini, katanya, di luar ekspektasi. Masih banyak jalanan yang bergelombang tidak mulus. "Bayangan kami, jalan tol baru ini sangat mulus," katanya.

Kapten Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 Kazuaki Abiru (VIVA.co.id/Hadi Suprapto)

Nah, dari pengalaman itu, apakah nantinya akan ada rekomendasi produk yang akan di sampaikan ke TMC khusus untuk pasar Indonesia yang kondisinya begini?

"Kami akan membuat laporan dari seluruh perjalanan kami, tidak hanya di Indonesia. Para pengambil kebijakan di Toyota Jepang akan mempertimbangkan," katanya. "Hasil baru bisa terlihat dalam 5 tahun ke depan."

Sebagai informasi, lima tahun progam Toyota 5 Continents Drive dimulai, telah melalui jalanan di berbagai belahan dunia  sepanjang 108.600 kilometer. Menghabiskan waktu sebanyak 449 hari, dan melibatkan lebih dari 693 peserta yang merupakan karyawan Toyota dengan spesialisasi di area pabrik, engineering, dan technical.