Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 29 Januari 2020 | 15:09 WIB

Pantas Saja Menteri Nadiem Sering Naik Ojol

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mendikbud Nadiem Makarim.

VIVA – Sebelum menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dikenal sebagai pendiri Gojek. Perusahaan itu bergerak dalam bidang jasa transportasi berbasis aplikasi.

Dalam waktu 10 tahun, perusahaan itu berkembang sangat pesat. Valuasi Gojek diperkirakan mencapai ratusan triliun rupiah, dan tercatat dalam daftar perusahaan decacorn.

Baca Juga

Meski kaya raya dan bisa membeli kendaraan apa pun yang ia mau, namun Nadiem beberapa kali terlihat menggunakan jasa Gojek.

Bahkan, ada momen di mana pengendara ojek online yang menjemputnya terpaku, karena tidak menyangka penumpang yang ia jemput adalah bos besarnya.

Terpopuler

Baca Juga: Cek Dulu, SUV Bekas Harga Rp60 jutaan

Lantas, kenapa Nadiem tidak menggunakan sepeda motor pribadi untuk menunjang kegiatannya?

Berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara yang ia serahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada akhir 2019 total aset Nadiem mencapai Rp1,2 triliun.

Dari jumlah tersebut, Rp28,6 miliar dalam bentuk tanah dan bangunan. Ia memiliki tanah seluas 2,4 hektare di Rote Ndao, Nusa Tenggara timur, dan beberapa rumah di Jakarta.

Sementara itu, kendaraan pribadi milik Nadiem hanya ada tiga, dan seluruhnya berbentuk mobil. Yakni, Honda Brio RS 2017 dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor sebesar Rp162 juta, Toyota Harrier 2015 Rp800 jutaan, dan Toyota Vellfire 2018 senilai Rp1 miliar.

Harta Nadiem paling banyak, yaitu berupa surat berharga. Jumlahnya mencapai Rp1,25 triliun. Ia juga memiliki hutang sebesar Rp185 miliar.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Cegah Corona, 750 Ojol Disemprot Disinfektan
TVONE NEWS - 8 hari lalu