Sinyal Kuat Kia Picanto Terbaru Hadir di Indonesia

Kia Picanto X-Line meluncur di Frankfurt Motor Show 2017
Sumber :
  • autoevolution

VIVA – Kia Picanto sempat jadi tulang punggung penjualan PT Kia Mobil Indonesia (KMI) di Tanah Air. Namun sejak tahun lalu, KMI sudah tak lagi menjual Picanto, lantaran mereka sudah punya produk barunya yang tengah dipersiapkan debutnya di Indonesia.

General Manager Marketing PT KMI, Ridjal Mulyadi mengatakan, walau debut Picanto terbaru siap dilakukan, tetapi pihaknya masih terus mempelajari harga yang cocok untuk pasar Indonesia.

Apalagi Picanto baru datang dengan banyak sekali ubahan serta penambahan berbagai fitur.

“Kita enggak putuskan enggak akan masukin Picanto, kita akan pelajari lagi. Policy global kita dari tahun ke tahun mau naikkan kualitas terus, otomotis kualitas naik kita enggak bisa main harga. Karena enggak ada kualitas bagus harga murah,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Lantaran status Picanto masuk ke RI masih completely built up (CBU) dari Korea Selatan, KMI sebagai produsen juga menyatakan tak bisa menyunat fitur-fitur, agar bisa menekan harga jual.

Ditambah dengan kondisi dolar AS yang terus tinggi, membuat KMI terus meningkatkan strateginya.

“Kita produk global jadi enggak bisa kustom untuk Indonesia, jadi mengikuti produk yang sudah dibuat secara global. Contoh kurs saat ini otomotif ada problem juga kan, belum lagi tahun politik apa segala macam mempengaruhi orang untuk membeli mobil dan lain-lain,” tuturnya.

"Kita terus pelajari, doakan saja, karena teman-teman komunitas juga antusias,” sambungnya.

Saat disinggung apakah mesin bensin turbo 1.000cc cocok untuk Picanto di Indonesia, Ridjal masih enggan berkomentar. Kata dia, dengan pilihan mesin yang banyak itu akan dilihat karakter yang sesuai dengan konsumen Indonesia dan harganya terkait pajak impor.

Seperti diketahui, city car ini ditawarkan dengan tiga pilihan mesin. Ada mesin bensin tiga silinder turbo 1.000cc dengan output 67 daya kuda (dk) dan torsi 96 newton meter (nm), empat silinder berkapasitas 1.250cc. Di mana tenaganya 84 dk dan torsi 122 nm, serta pilihan mesin diesel tiga silinder 1.000cc dengan tenaga 100 dk dan torsi 172 nm.