Ada Mobil Misterius di Parkiran, Calon Mobnas?

Mobil misterius yang mirip Esemka Garuda 1
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil nasional Esemka sudah lama tidak terdengar. Namun, baru-baru ini sebuah foto  yang tersebar melalui grup Whatsapp membuat heboh. Dari foto itu, terlihat Sport Utility Vehicle (SUV) berwarna hitam sedang parkir dan diduga kuat Esemka Garuda 1.

Yang mencirikan kalau SUV itu adalah Garuda 1 adalah bagian belakangnya yang mirip dengan Foday Landfort, mulai dari desain lampu, bumper, bagasi, sampai desain pelek.

Menjadi hal yang wajar jika Garuda 1 dikaitkan dengan Foday, pada awal tahun ini, mobil derek di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara tertangkap kamera sedang mengangkut SUV berkelir putih dengan emblem Esemka dan Garuda 1.

Sejak itu, tidak ada lagi foto SUV Esemka yang beredar, khususnya bagian depan. Namun, mobil itu selalu dikaitkan dengan Foday, karena desain pelek, lampu belakang, bagasi, dan dimensinya sangat mirip.

Foday yang diracik di China dibekali mesin bensin 2.400 cc dengan tenaga 134 daya kuda dan torsi 200 Newton meter, serta mesin diesel 1.900 cc Turbo bertenaga 134 dk dan torsi 300 Nm.