Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 10 Agustus 2018 | 14:02 WIB

Mobil Masa Depan Model Ini yang Cocok di Indonesia

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA/Dian Tami
Mobil hibrida Toyota Prius Hybrid

VIVA – Belum lama ini, Toyota Indonesia menyerahkan beberapa unit mobil ke Kementerian Perindustrian. Kendaraan tersebut akan digunakan oleh para mahasiswa dari beberapa universitas untuk uji coba kendaraan hemat energi.

Enam perguruan tinggi yang dilibatkan adalah Institut Teknologi Bandung, Universtitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Udayana.

Baca Juga

Ada dua tipe mobil yang diuji, satu menggunakan mesin biasa dan satu lagi mengusung mesin hibrida. Dua tipe itu digunakan untuk melihat, seberapa efektif penggunaan teknologi masa depan itu pada kendaraan.

Dua dari universitas yang ada di Indonesia sudah melakukan pengujian awal. Hasilnya, teknologi Hybrid Electric Vehicle atau HEV adalah yang paling cocok diterapkan di Tanah Air.

Terpopuler

Konsep mobil HEV bisa langsung diimplementasikan, karena tidak membutuhkan infrastruktur tambahan. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya dua kali lebih efisien dibanding mobil konvensional,” kata Ketua Tim Riset ITB, Agus Purwadi, melalui rilis yang diterima VIVA, Jumat 10 Agustus 2018.

Dalam paparan hasil riset awal, Tim Riset ITB menyebutkan, pengujian telah dilakukan selama 44 hari dengan jarak tempuh dua ribu kilometer, dengan penggunaan di dalam dan di luar Kota Bandung.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Test Drive Pertama TOYOTA SUPRA GR, Mobil Rp2M Bikin Ngiler!
OTOMOTIF - sekitar 1 bulan lalu