Perusahaan Asuransi Tidak Berani Menjamin Dua Mobil Ini

Mobil klasik Ford Thunderbird buatan 1956
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Setiap membeli mobil baru, umumnya pemilik mendaftarkannya ke dalam paket asuransi. Hal itu dilakukan, agar saat terjadi apa-apa di jalan, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Jika membeli dengan sistem kredit, biasanya paket asuransi sudah termasuk di dalamnya. Namun, ada beberapa tipe mobil yang ternyata tidak bisa diterima oleh perusahaan asuransi Astra.

Hal itu diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim. Menurutnya, alasan penolakan adalah karena mereka ingin memberikan layanan yang terbaik.

“Kalau mobil sport atau supercar, Ferrari misalnya, kami enggak berani. Nanti klaimnya susah, teknisinya kadang harus didatangkan dari luar negeri, suku cadangnya juga,” ujarnya di Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.

Begitu pula dengan mobil klasik. Gunawan menjelaskan, suku cadang menjadi masalah utama ketika perusahaannya menjamin mobil-mobil yang sudah langka itu.

“Suku cadangnya agak susah. Kalau kami enggak ganti dengan komponen yang asli, nanti jadi masalah. Kami enggak mau,” tuturnya.

Ia mengatakan, ada saja pemilik mobil sport atau klasik yang ingin mendaftarkan kendaraannya untuk diasuransikan.

“Enggak banyak, tapi ada saja yang minta. Kami enggak berani, karena kami ingin berikan servis terbaik,” kata Gunawan. (ren)