Mitsubishi Benar-benar Bingung dengan Xpander

Ekspor Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – ?Mitsubishi Xpander menjadi primadona baru di Indonesia sebagai mobil keluarga. Hal tersebut terlihat dari jumlah pemesanannya, sejak pertama kali diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia pada Agustus 2017 lalu.

Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko mengatakan, setelah Xpander diluncurkan, ternyata permintaan mobil keluarga ini sangat agresif dan di luar ekspektasi. Sampai sekarang, jumlah pemesanannya sudah mencapai 100 ribu unit lebih.

“Pertama Xpander meluncur, saya dapat komentar positif dan masukan dari para diler. Awalnya, saya bingung saat ditanya tentang target penjualan yang harus ditentukan. Tapi setelah peluncuran, permintaan sangat agresif,” ujarnya di Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

Hal itu yang menyebabkan rencana ekspor mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut sempat tertunda. Kapasitas produksi pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat kala itu belum sesuai dengan jumlah permintaan.

“Untuk eskpor, yang rencana awalnya Januari 2018 sudah dimulai ke negara-negara di ASEAN terpaksa tertunda. Inden di Indonesia masih sangat tinggi, sehingga MMKSI sendiri merasa bingung, kalau produksi yang sekian harus dibagi dengan ekspor,” tuturnya.

Pengapalan ke luar negeri baru bisa dilakukan pada April 2018. Namun saat pengiriman sudah berjalan untuk Filipina, Thailand dan Vietnam, ternyata negara-negara tersebut meminta unit lebih banyak lagi.

Akhirnya, merek mobil asal Jepang tersebut menyiapkan dana investasi sebesar Rp540 miliar untuk pengembangan pabriknya di Tanah Air.