Toyota Beberkan Mobil Listrik yang Paling Cocok untuk Indonesia

Mobil hibrida Toyota Prius Hybrid
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Menghadirkan produk otomotif baru harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari melihat apa yang dibutuhkan konsumen, hingga soal teknologi dan perawatannya.

Hal itu pula yang terjadi, saat produsen mobil berusaha membuat mobil dengan energi listrik. Stigma akan bahaya setrum masih melekat di konsumen, mereka khawatir mobil tersebut tidak aman digunakan dalam berbagai kondisi.

Belum lagi isu soal jarak tempuhnya, serta waktu tunggu untuk mengisi ulang baterai. Hal itu membuat banyak orang belum tertarik untuk memiliki mobil listrik.

Padahal, pabrikan sudah berusaha menyajikan beragam teknologi yang mempermudah pengguna. Saat ini, ada empat jenis mobil listrik yang tersedia.

Yaitu hybrid electric vehicle atau HEV, plug-in hybrid electriv vehicle atau PHEV, battery electric vehicle (BEV), dan fuel cell electric vehicle (FCEV).

Saat ditanya soal mana yang paling berpotensi diterapkan di Indonesia, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono mengatakan, hal itu mereka serahkan ke pasar.

“Itu tergantung permintaan pasar. Kami kan hanya sebagai penyedia, pembuat,” ujarnya di Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Lebih jauh Warih menjelaskan, TMMIN sudah siap menghadapi era kendaraan listrik di Tanah Air. Bahkan, ia mengaku bahwa Toyota siap menghadirkan semua jenis mobil listrik yang ada.

“Kami punya semuanya. Tergantung mana yang pasar mau, itu yang akan kami bikin,” tuturnya.