Penjualan Merosot, Honda Brio Disuntik Mati

Test drive Honda Brio RS.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Di Indonesia, Honda Brio menjadi salah satu mobil perkotaan terlaris. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan Brio dari pabrik ke diler pada Januari sampai Agustus 2018 mencapai 38.876 unit.

Sementara, All New Brio yang resmi diluncurkan pada Agustus 2018 lalu, penjualannya sudah tembus 6.703 unit selama Oktober 2018. Sebanyak 5.411 unit disumbang oleh Brio Satya yang masuk kelas Low Cost Green Car, dan 1.292 sisanya berasal dari Brio RS.

Meski demikian, city car buatan Honda itu tidak laku di India. Hal tersebut terlihat dari data penjualannya di tahun ini, yang rata-rata hanya 134 unit. Bahkan, di Oktober 2018 hanya 27 unit, seperti dilansir dari Indianautosblog, Senin 19 November 2018.

Oleh sebab itu, Honda Cars India tidak berminat menjual Brio terbaru, yang peluncuran perdananya dilakukan di Indonesia beberapa bulan lalu. Bahkan, mobil kecil berlogo H tersebut telah diberhentikan produksinya alias disuntik mati, karena penjualannya semakin buruk.

Padahal, sejak diluncurkan di Negeri Bollywood pada 2011 lalu, penjualan Brio dalam beberapa pekan tembus lima ribuan unit. Tapi, lambat laun mengalami penurunan. Selain penjualan, ada pertimbangan lain yang membuat penjualan Brio haru diakhiri, yakni semakin ketatnya aturan soal perangkat keselamatan.