Bukan Main, 11 Tipe Esemka Lolos Uji Tipe di Kemenhub

Mobil Esemka Garuda.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Sudah menjadi hal wajib bagi mobil pendatang baru, untuk mengikuti serangkaian uji tipe. Termasuk di Tanah Air, di mana mobil baru tersebut harus melalui proses di Kementerian Perhubungan.

Hal itu pula yang dilakukan Esemka, mobil bercita rasa nasional yang kabarnya akan bersiap melakukan debut di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, 11 mobil Esemka saat ini telah lolos uji tipe dan siap diproduksi secara massal.

"Esemka sudah uji tipe sama kami. Hasilnya, dari 12 yang melakukan uji tipe, 11 lolos. Kalau sudah lolos uji tipe, berarti bisa diproduksi masal," kata Budi di Jakarta Selatan, Selasa 27 November 2018.

Saat disinggung alasan satu mobil Esemka tidak lolos uji tipe, Budi mengaku tidak mengetahuinya secara detail.

"Yang satu enggak lolos, sedang diperbaiki oleh mereka. Saya enggak tahu kenapa enggak lolos uji tipe. Detailnya saya enggak hapal soalnya," tuturnya.

Sebelumnya dikabarkan, sejumlah mobil Esemka yang sudah melewati proses pengujian di Kemenhub. Mobil-mobil tersebut adalah Garuda I 2.0 4x4 MT, Bima 1.3L 4x2 MT, Bima 1.0 4x2 MT, Bima 1.8D 4x2 MT, Bima 1.3 4x2 MT, Niaga 1.0 4x2 MT, Borneo 2.7D 4x2 MT, dan Digdaya 2.0 4x2 MT.