Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 19 Desember 2018 | 13:30 WIB

Hyundai dan VW Akan Bikin Mobil di Indonesia

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Logo Volkswagen

VIVA – Pasar otomotif Indonesia yang didominasi merek Jepang, ternyata tidak membuat pabrikan asal negara lain gentar. Contohnya, Wuling dan DonFeng Sokon berani datang dan berinvestasi.

Dua pabrikan mobil asal China itu hadir dengan membawa dana yang nilainya triliunan rupiah. Mereka membangun pabrik, puluhan jaringan diler dan memproduksi mobil sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Baca Juga

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, target distribusi kendaraan dari pabrik ke diler di 2018 berhasil dicapai dalam waktu 11 bulan.

Melihat hal itu, dua jenama otomotif memberanikan diri untuk ikut berkiprah di Tanah Air. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto.

Terpopuler

“Ada dua. Satu dari Korea Selatan, Hyundai. Satu lagi Volkswagen. VW akan bikin assembling line di Indonesia. Investasinya 40-50 juta Euro (Rp650-800 miliar),” ujarnya  di kantor Kemenperin, Jakarta, Rabu 19 Desember 2018.

Menurut Harjanto, selain untuk memenuhi kebutuhan di Tanah Air, dua merek tersebut akan menggunakan Indonesia sebagai basis produksi produk ekspor.

“Kalau ekspor, untuk pasar Asia Tenggara dan sekitarnya. 50 persen produk yang dibuat Hyundai adalah untuk ekspor,” tuturnya. (kwo)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Daya Beli Membaik, Penjualan Otomotif Meningkat
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu