Pedagang Mobil Bekas: Pembeli Avanza Xenia Berpikir Logis

Pasar mobil bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA – Nama Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Sebab, dua produk kembar ini akan hadir dalam generasi baru tidak lama lagi.

Selama hadir di Indonesia, dua mobil kembar itu bukan hanya dijual di diler-diler resmi dalam kondisi baru. Banyak juga ruang pamer mobil bekas yang menawarkan dari pengguna yang sudah bosan, atau butuh dana segar dalam waktu cepat.

Meski demikian, Senior Marketing Manager sentra mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, pesona Avanza dan Xenia mulai luntur. Sebab, saat ini banyak bermunculan model lain di kelas yang sama.

"Kalau untuk pembeli langsung di Jakarta, Avanza Xenia sudah goodbye. Banyak yang beli itu buat taksi online, atau seringnya pedagang dari pinggiran Jakarta atau luar daerah," ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu 9 Januari 2019.

Konsumen di Jakarta, kata Herjanto, kini banyak yang memilih model lain, lantaran terkait gengsi dengan kendaraan yang mereka gunakan sehari-hari.

"Dengan harga yang sama, kelas yang sama, modelnya banyak. Enggak salah juga, kalau orang mulai lirik mobil bekas lain," tuturnya.

Sementara itu, pedagang dari showroom Jordy Mobil, Andi menyebut, konsumen Avanza dan Xenia adalah pembeli mobil yang logis. Mereka, kata dia, membeli mobil mengikuti dana yang dimiliki. Sementara, kondisi dan tahun produksi menjadi pertimbangan nomor sekian.

"Pembeli Avanza sama Xenia tetap ada. Mereka biasanya sudah sadar diri, punya dana jumlah sekian. Nah, langsung pilih yang paling sesuai, lalu bayar. Enggak ribet," ungkap Andi. (kwo)