Sadar Tren Modifikasi Laris Manis, Toyota Merasa Tertantang

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kecenderungan orang Indonesia akan dunia modifikasi kendaraan, makin meningkat. Saat ini, tengah marak tren di mana konsumen atau pelanggan tak lagi semata-mata melihat produk otomotif sebagai sarana transportasi, tapi juga jadi media ekspresi diri.

Setidaknya, hal itulah yang disampaikan Toyota Astra Motor mengenai hasil survei internal mereka. Diprediksi, industri aftermarket bakal makin berkembang di dalam dunia otomotif nasional, seiring terus meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap berbagai aksesori dan komponen untuk modifikasi.

Menurut Toyota, pihaknya merasa tertantang untuk merancang strategi bisnis baru, yang bisa memperluas akses pelanggan menuangkan aspirasi dan kreativitas mereka. 

"Kami melihat, semakin banyak pemilik kendaraan yang butuh komponen atau aksesori untuk menunjang kebutuhan mereka, baik untuk liburan, hobi maupun kebutuhan keluarga," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto di Tokyo Auto Salon 2019, Jepang, 12 Januari 2019.

Tren customize dikatakan makin meningkat, terutama di kalangan generasi milenial. Sebab, mereka cenderung mudah bosan dan sangat menghargai pengalaman.

Di dunia otomotif, kecenderungan itu antara lain terlihat dari makin meluasnya komunitas atau klub-klub otomotif, dengan segala kreativitas yang dilakukan. Seperti, memodifikasi kendaraan hingga melakukan aktivitas touring.

"Ini tentu peluang pasar yang yang makin berkembang bagi pelaku industri aftermarket. Karenanya, kami melihat, ke depan industri ini akan semakin berkembang dan semakin penting,” kata pria yang akrab disapa Soerjo itu.

Manuver Baru

Besarnya antusiasme masyarakat akan dunia modifikasi ditangkap matang oleh TAM. Toyota per Januari 2019, mulai menawarkan berbagai aksesori untuk tiga modelnya di Indonesia, yaitu Yaris, Innova dan Fortuner.

Konsumen bisa mengubah tampilan mobil yang akan dibeli, dengan produk aftermarket produksi mereka. Ragamnya banyak, meliputi eksterior hingga interior.

"Per Januari 2019 ini sudah diluncurkan, Toyota Customize Option (TCO). Nantinya, calon konsumen bisa memodifikasi mobilnya dengan aksesori dari kami, dan bisa disesuaikan dengan budget mereka," kata Manajer Public Relation TAM, Rouli H Sijabat.

Pemasangan aksesori akan dilakukan saat pemesanan dilakukan. Sehingga, saat mobil tiba di garasi, wujudnya sudah sesuai dengan keinginan konsumen.

Ragam aksesori saat ini sudah ditawarkan para tenaga penjual, di 326 jaringan bisnis Toyota di seluruh penjuru Nusantara. Karena produk itu dibuat di pabrik, waktu pemasangan tak butuh lama. (ase)