Meski Pakai Rem Tromol, Xenia Baru sudah Dilengkapi ABS

Peluncuran Daihatsu Grand New Xenia
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Teknologi terus berkembang di industri otomotif, termasuk sistem pengeremannya. Jika dulu alat untuk mengurangi laju kendaraan itu berbentuk tromol, kini sudah berkembang menjadi cakram.

Selain itu, saat ini sudah tersedia perangkat penunjang keselamatan anti-lock braking system atau ABS dan electronic brakeforce distribution atau EBD. Contohnya, Daihatsu Xenia baru.

Jika umumnya sistem ABS dan EBD hanya tersemat pada rem cakram, namun di roda belakang Xenia yang masih tromol, juga sudah mengadopsi teknologi tersebut.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, sistem ABS dan EBD bekerjanya pada keempat roda, di rem tromol belakang dan cakram depan.

“Untuk sistem ABS dan EBD, cara kerja di tromol dan cakram sama, putaran roda diatur sedemikian rupa sehingga tidak selip atau terkunci, berdasarkan masukan sensor,” ujarnya kepada VIVA, Senin 21 Januari 2019.

Bambang menjelaskan, kedua fitur tersebut menjadi satu kesatuan. ABS bekerja mengurangi tekanan rem pada roda, sedangkan EBD yang mengatur berapa besar pengurangannya.

Sistem pengereman layaknya mobil mewah tersebut hanya tersemat pada Xenia tipe 1.5 R Deluxe, yang jadi varian baru dengan mesin 1.500cc. Sedangkan di Avanza tipe tertinggi atau Veloz, pengeremannya hanya ABS, tidak ada EBD. (re2)