Strategi Baru Mitsubishi Dongkrak Jualan: Bikin Showroom di Mal

Mitsubishi buka diler baru di Sudirman, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Pius

VIVA – Ruang pamer mobil baru atau showroom biasanya merupakan bangunan tersendiri yang disertai dengan bengkel, serta penjualan suku cadang. Namun, konsep berbeda sedang direncanakan merek otomotif Mitsubishi di Indonesia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi akan membuka showroom di pusat kota, tepatnya di kawasan perkantoran dan mal.

Menurut Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, dibukanya showroom di kawasan perkantoran dan mal sejalan dengan konsep city store Mitsubishi untuk mendekatkan diri dengan pelanggan.

"Jadi big city store ini bukan hanya untuk penjualan unit, tetapi menguatkan branding. Potensinya besar karena kan konsumen bisa sekalian, misalnya pas makan siang kantor atau di mal pas jalan-jalan," kata Irwan di Jakarta.

Melebarkan sayap bisnis penjualan mobil baru di pusat perbelanjaan atau mal, ternyata bukan perkara mudah. Hal ini diungkapkan oleh Head of Dealer Development Department, Setia Hariadi. Dia menyebut untuk membuka ruang pamer mobil baru Mitsubishi di mal, Kawasan Jakarta harus menunggu beberapa tahun.

"Kami sedang studi di shopping mall, tetapi okupanisnya padat sekali. Kami tidak bisa dapat di tahun 2025, bahkan mal-mal premium itu waiting list-nya panjang, sehingga kami rencananya menyasar beberapa mal yang masih pada tahap proses pembangunan," kata Hariadi. (kwo)