Siap-siap, Bulan Depan Ada Kejutan dari Renault

Renault Twizy
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Setelah dilepas oleh Indomobil Group, merek mobil Renault akan beroperasi kembali bulan depan melalui PT Maxindo Renault Indonesia. Sejumlah strategi pemasaran pun telah disiapkan, untuk menjual mobil asal Prancis tersebut.

Chief Executive Officer MRI, Andrew Limbert mengatakan, sebagai agen pemegang merek Renault baru, Maxindo mulai efektif beroperasi 24 Februari 2019. Mereka akan mengimpor, memasarkan, mendistribusikan, mengelola produk, serta layanan purna jual.

"Mengapa Renault Asia Pasifik memilih Nusantara Maxindo Group, ada banyak hal yang membuat kami yakin dan percaya mengembangkan Renault di Indonesia," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat, Senin 21 Januari 2019.

Sebagai langkah awal di 2019, dalam waktu dekat MRI akan meresmikan diler eksklusif di Jakarta dan Tangerang. Tujuannya, untuk memberikan layanan penjualan dan purna jual. Dari pasar yang ada, dia percaya Renault masih dapat respons positif.

Sementara itu, Chief Operating Officer MRI, Davy J Tuilan mengatakan, kunci produk seperti Renault agar bisa sukses di Indonesia adalah pola pikir yang agresif. Poin penting dari strategi pemasarannya ada beberapa hal, termasuk menjual produk dan mendirikan jaringan diler.

"Saat ini, Renault hanya bermain di tiga segmen, hanya 20 persen total pasar di Indonesia. Ke depan, dalam waktu singkat kami akan menumbuhkan portofolio itu, akan bermain di tujuh segmen. Dan mendirikan lebih dari 15 diler dalam waktu 18 bulan," tuturnya.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, rekam jejak Renault kurang menggembirakan dibandingkan merek Eropa lain, seperti BMW atau Mercedes-Benz. Distribusi produk mereka dari pabrik ke diler pada periode Januari sampai November 2018 hanya 273 unit. (ann)