Dikabarkan Bangkrut, Kia Indonesia Akhirnya Angkat Suara

KIA Grand Sedona dan Sportage baru di GIIAS 2016.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – KIA menjadi salah satu merek otomotif yang menawarkan produknya di Indonesia. Saat ini, produsen mobil asal Korea Selatan tersebut bersaing dengan beragam produk dari merek Jepang, China, Eropa, bahkan India.

Persaingan yang ketat tersebut menimbulkan isu bahwa KIA Indonesia dalam kondisi terpuruk atau ada yang menyebutnya bangkrut. Isu tersebut diperkuat dengan kondisi showroom yang ditutup dan tidak lagi menjual produk baru, salah satunya di kawasan Jakarta Selatan.

Menanggapi isu yang ramai diperbincangkan tersebut, Public Relation Manager PT KIA Mobil Indonesia, Dina Andridiana angkat bicara. Dia mengatakan, perusahaan otomotif tersebut tidak dalam kondisi bangkrut.

"KIA memang dalam tahap  konsolidasi namun tidak seperti yang diberitakan (bangkrut) dan untuk itu sementara waktu kami belum bisa memberikan informasi lebih lanjut," ujar Dina dalam pesan singkatnya kepada VIVA, Jumat 1 Februari 2019.

Lantas, bagaimana cara KIA untuk terus bertahan di pasar otomotif Tanah Air? Sayangnya Dina masih enggan membeberkan cara KIA bertahan di tengah derasnya persaingan produk mobil di Indonesia. "Mohon maaf, belum bisa kami kasih informasi," ujarnya

Sementara dari website resminya, KIA Indonesia diketahui menawarkan beragam jenis produk, mulai dari mobil keluarga, hatchback, city car, sampai kendaraan angkut barang (pikap). Mobil-mobil yang dijual antara lain, new Picanto, all new Rio 5-Door, all new Sportage, Grand Sedona, dan K2700. (kwo)