Misteri 'Hilangnya' Diler Mobil KIA di Jakarta

Diler mobil KIA
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Jika menyebut mobil asal Korea Selatan, merek otomotif KIA menjadi salah satu yang dikenal di dunia. Tak hanya di pasar otomotif global, KIA juga memasarkan produk-produk unggulannya di Tanah Air.

Sayangnya, mobil-mobil mereka yang dijual di Indonesia belum cukup kuat untuk menggoda masyarakat. Hal ini bisa diketahui, dari jarang terlihatnya mobil KIA berseliweran di jalan raya. Bahkan, beberapa hari ini di media sosial banyak diperbincangkan, bahwa PT KIA Mobil Indonesia dalam kondisi terpuruk. 

Diler resmi disebut tidak lagi menjual mobil baru KIA, melainkan hanya melayani kebutuhan servis dan suku cadang. VIVA mencoba menelusuri informasi tersebut, dengan mendatangi salah satu diler resmi KIA yang ada di Jakarta Selatan.

Hasilnya, gedung diler tersebut nampak kosong dan hanya dijaga oleh petugas pengaman gedung. Satpam yang enggan disebutkan identitasnya tersebut mengatakan, diler KIA sudah pindah ke Jalan Saharjo, Jakarta Selatan.

"Sudah pindah lama, sekitar satu tahun lah. Di sini sudah kosong, semua peralatan bengkel sama showroom juga sudah diangkat," kata petugas keamanan tersebut kepada VIVA, Jumat 1 Februari 2019.

Meski demikian, dia mengatakan, papan identitas diler resmi KIA memang belum dicopot dari gedung itu. Dia tidak mengetahui persis, alasan tidak dilepasnya papan nama dan identitas gedung yang didominasi kaca dengan cat warna putih dan merah pudar.

"Kalau pelang mereknya memang masih menempel. Saya enggak tahu sih mau dicabut atau enggak. Saya cuma dikasih tugas untuk jaga di gedung kosong ini. Kalau ada yang tanya, saya kasih tahu pindah lokasinya," tuturnya.

Dengan bantuan petunjuk alamat dari petugas tersebut, VIVA kemudian mendatangi lokasi diler KIA yang dimaksud. Gedung nampak kosong dan sepi, tidak ada aktivitas layaknya showroom maupun bengkel mobil resmi. 

Penjaga gedung menyebut, showroom tersebut sudah lama tidak ditempati. Meski demikian, dia membenarkan bahwa gedung tersebut adalah bekas showroom dan bengkel resmi mobil KIA.

"Sudah kosong dari sekitar Oktober atau November tahun lalu. Dulu memang showroom dan bengkel pindah ke sini, kontrak di sini. Mungkin enggak cocok, jadi pindah lagi. Enggak tahu pindahnya ke mana," ungkapnya. (kwo)