Alasan Mobil Warna Putih Makin Laris Manis di Pasaran

Ilustrasi mobil berwarna putih.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Warna merupakan salah satu hal yang jadi pertimbangan masyarakat ketika akan membeli kendaraan, tak terkecuali mobil. Sebab warna menggambarkan karakter maupun kesukaan sang pemilik.

Salah satu warna yang punya banyak peminat yakni berbalut tinta putih. Bukan cuma di Tanah Air, namun juga di sejumlah negara. 

Menurut penelitian BASF, perusahaan cat kenamaan global, kelir putih hingga kini masih jadi salah satu warna favorit banyak pencinta mobil. Setidaknya putih dominan di pasaran selama dua tahun terakhir. Kelir itu banyak dipilih untuk sejumlah model tipe mobil, seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) maupun Sport Utility Vehicle (SUV).

Berbeda dengan mobil jenis city car, di mana warna cerah masih lebih banyak diminati. BASF juga menyebut, setelah warna putih, warna populer berikutnya adalah hitam, abu-abu, perak, dan merah.

Putih dipilih banyak konsumen mobil karena warna itu dianggap mudah dilakukan perawatan. Selain itu nilai jual kembali di pasaran lebih tinggi dari warna-warna lain. Demikian seperti dikutip Indianautos, Senin 11 Februari 2019.

"Banyak pelanggan mungkin lebih suka mobil putih karena mobil putih tidak cepat panas. Alasan lain mungkin citra mewah warna ini, seperti yang disarankan oleh pengamatan tren kami," kata Chiharu Matsuhara, Kepala Desain (Asia-Pasifik) BASF. (yns)