Diam-diam Daihatsu Naikkan Harga Sigra dan Ayla

Mobil LCGC Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Performa penjualan Low Cost Green Car (LCGC) milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) makin berat akibat naiknya harga jual yang dipatok di setiap mobil keluarannya. Hal itu dilakukan karena seluruh mobil yang dipasarkan di Indonesia wajib berstandar emisi Euro4.

"Kenaikan harga sudah mulai di bulan Oktober kemarin karena Euro4. Ada perubahan, karena harus ada penambahan catalytic converter di semua model, maka harga kan naik Rp1-2 juta,"  kata Hendrayadi, Marketing & Costumer Relation Divisi Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), saat ditemui VIVA di BSD Tangerang Selatan baru-baru ini.

Selepas Daihatsu Sirion, kini giliran Sigra dan Ayla yang diberikan kenaikan harga. Kenaikan harga yang diberikan kepada Ayla terpantau sebesar Rp2,5 juta di tiap variannya.

Tipe termurah Ayla 1.0 D MT sebelumnya dilabeli seharga Rp95.650.000 sedangkan saat ini menjadi Rp98.150.000. Masuk ke tipe tertinggi, Daihatsu menaikkan harga Ayla menjadi Rp151.850.000

Hal serupa juga terjadi pada Daihatsu Sigra. Mobil murah ramah lingkungan yang memiliki tujuh penumpang ini mengalami kenaikan harga sebesar Rp2,5 juta kompak di semua varian. Untuk varian tertinggi dari Daihatsu Sigra kini dibanderol dengan harga Rp154.750.000.

Dengan skema harga seperti ini, pembeli hanya perlu merogoh kocek sedikit dalam sekitar Rp2,9 juta maka pembeli sudah bisa mendapatkan Sigra yang sedikit lebih luas ketimbang Ayla.