Gara-gara Mobil Listrik, Produksi Mobil Keren Honda Akan Disetop

Acara serah terima Honda Civic Type R ke konsumen.
Sumber :
  • Dok: Honda

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari pabrikan mobil asal Jepang, Honda. Pabrik mereka di Inggris akan setop membuat mobil keren yang selama ini jadi andalan mereka di dunia balap, Civic Type R.

Tak hanya Type R, semua jenis Civic dan model lainnya juga bakal dihentikan produksinya. Seperti dilansir dari Automobilemag, Rabu 20 Februari 2019.

Pabrik yang berada di wilayah Swindon itu, sudah beroperasi sejak 1989. Empat tahun sebelumnya, Honda membeli kawasan seluas 150 hektare, yang dulunya digunakan untuk membuat pesawat terbang tersebut.

Model yang diproduksi di pabrik Swindon kebanyakan sedan, mulai dari Civic hingga Accord. Pada 2002, proses perakitan Accord dihentikan, dan stok untuk memenuhi kebutuhan pasar didatangkan dari Jepang.

Pabrik yang menjadi satu-satunya milik Honda di Inggris itu biasanya membuat 160 ribu unit kendaraan setiap tahun. Dan pada 2021, semuanya akan berakhir.

Menurut salah satu juru bicara Honda yang tidak disebutkan namanya, pabrik Swindon akan ditutup karena adanya perubahan strategi bisnis.

“Semakin berkembangnya teknologi kendaraan listrik, membuat Honda harus mengubah strategi dan memindahkan produksi ke tempat lain yang lebih menjanjikan,” ujarnya.

Meski nantinya setop diproduksi di Inggris, namun Civic Type R bakal tetap dibuat di pabrik Honda lainnya. Salah satu lokasi yang dianggap strategis adalah pabrik mereka di Amerika Serikat. (kwo)