Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 26 Februari 2019 | 11:53 WIB

Mobil Warna Ini Kerap Jadi Akal-akalan Pedagang Mobkas

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • Honda Prospect Motor (HPM)
All New Honda Jazz 2014

VIVA – Mengikuti perkembangan zaman dan minat konsumen, pabrikan mobil mulai berani melahirkan warna-warna mencolok untuk beberapa produknya. Seperti hijau, kuning, merah, oranye, dan biru.

Tak hanya diminati dalam kondisi barunya, kendaraan bermotor roda empat dengan warna terang juga laris diminati di bursa mobil bekas.

Baca Juga

Menurut Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, pergeseran selera orang terhadap warna mobil sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Terutama, mobil yang dimensinya kompak, seperti city car atau hathcback. Konsumen lebih tertarik warna terang.

"Kalau tahun ini, warna yang berani seperti hijau, merah dan oranye banyak dicari. Tapi, hanya berlaku untuk city car. Contoh, Honda Jazz warna kuning stabilo dulu turun harga, sekarang banyak dicari," ujarnya kepada VIVA, Selasa 26 Februari 2019.

Terpopuler

Herjanto menjelaskan, Jazz warna kuning stabilo saat ini harga bekasnya lebih mahal. Namun, informasi itu tidak banyak diketahui para pemilik mobil yang hendak menjual kendaraan mereka.

Menurutnya, pedagang ada yang menawar dengan harga rendah dari pasaran. Alasan yang paling sering digunakan adalah, mobil dengan warna tersebut kurang diminati. Harjanto mengatakan, itu hanya akal-akalan semata.

"Kelas mobil keluarga, warna putih atau hitam tetap dicari, setelah itu abu-abu metalik. Silver mulai menurun. Untuk jenis sedan, lebih ke warna gelap," katanya.

Untuk mobil sedan, Sport Utlity Vehicle dan multi purpose vehicle, warna selain putih akan dihargai lebih rendah oleh pedagang. Sebab, pembelinya tidak banyak.

"Untuk jenis mobil tersebut, pedagang menemukan pembelinya butuh waktu lama. Makanya, kalau warnanya aneh-aneh minimal turun harga Rp10-15 juta," ungkapnya. (kwo)

Topik Terkait
Saksikan Juga
EKSKLUSIF! Detik-detik Pelawak Nunung Ditangkap Karena Sabu
TVONE - 7 jam lalu