Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 26 Februari 2019 | 12:26 WIB

Avanza-Xenia Bekas Makin Terancam di Pasaran

Team VIVA »
Rendra Saputra
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Sorot Mobil Mudik - Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur

VIVA – Peta persaingan mobil penumpang jenis Low Multi Purpose Vehicle di Tanah Air semakin sengit. Terutama sejak Mitsubishi dan Nissan beraliansi, dan melahirkan Xpander serta All New Livina.

Karena satu platform, Nissan Livina terbaru pun memiliki spesifikasi yang mirip dengan Xpander. Dengan begitu ada anggapan, duet mobil Low MPV tersebut bisa menumbangkan dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Bukan cuma pasar mobil baru, versi bekasnya pun demikian.

Baca Juga

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, Nissan sebenarnya dinilai terlambat merilis All New Livina ke pasaran. Menurutnya jika dijual sejak 2018, maka tahun ini di pasaran mobil bekas bisa berperang melawan Avanza dan Xenia.

"Ketika umur Xpander sudah hampir dua tahun baru dirilis Livina baru. Kalau dari tahun lalu ada, tahun ini sudah ada bekasnya. Otomatis bisa meramaikan pasar mobil bekas duet Xpander-Livina, dan saya yakin harga bekas keduanya stabil," ujarnya kepada VIVA, Selasa 26 Februari 2019.

Terpopuler

Menurut Herjanto, harga Livina terbaru dalam kondisi bekasnya nanti bakal lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Dia memprediksi mirip Xpander yang harganya stabil, dan ini dinilai bakal lebih seru, karena konsumen mobil bekas jadi punya banyak pilihan.

"Menurut saya harga Avanza-Xenia pasti turun bekasnya, kalau Livina baru dan Xpander sudah ramai (edisi bekasnya). Kenapa itu bisa terjadi, karena peminat mobil bekas Avanza dan Xenia mulai menurun dari tahun lalu," katanya.

Sambung dia, Mitsubishi dan Nissan punya strategi yang tepat mengakali konsumennya, dengan bonus servis dan spare parts selama empat tahun. Karena kedua merek tersebut terkenal dengan harga spare parts yang mahal.

"Menurut saya itu salah satu strategi menumbangkan Avanza dan Xenia. Di Jakarta, kalau duitnya pas-pasan dan bukan banget penggemar Toyota atau Daihatsu saya yakin mereka akan beralih," katanya.

Seperti diketahui, harga Avanza 1.3 tipe E manual lansiran 2016 dan 2017 di DKI harganya Rp120-130 jutaan. Sedangkan Veloz 1.5 matik Rp150 jutaan lansiran 2017. Untuk Xpander Ultimate AT 2017 harganya Rp230 jutaan, dan tipe Exceed manual tahun 2017 dibanderol Rp195 juta. Dengan catatan harga tersebut sesuai dengan kondisi mobil, dan jarak tempuh. (yns)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Review Fitur Daihatsu Grand New Xenia 2019, Apa Kelebihanya?
OTOMOTIF - 6 bulan lalu