Fitur-fitur Unik di Mobil Jarang Terdengar, Salah Satunya Sedot Debu

Ilustrasi kabin mobil
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Laju zaman memaksa produsen mobil berlomba-loma ciptakan inovasi baru, siapa yang tertinggal ia kalah di perburuan pasar. Salah satu jurus andalan yang biasa digunakan, adalah penyematan teknologi anyar.

Di dunia otomotif, agaknya mustahil apabila tak memperdulikan teknologi. Selain berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, teknologi juga bisa memberi pengalaman baru bagi pengemudi.

Serbuan gagasan tentang teknologi baru, membuat ingatan kita soal teknologi lama lenyap. Padahal, ada beberapa fitur di mobil terdahulu yang punya fungsi unik. Beberapa bahkan tak pernah terdengar sama sekali.

Pertama, built-in vacuum cleaner atau penyedot debu bawaan. Tujuan penyematan fitur ini adalah untuk membersihkan kotoran yang diakibatkan dari makanan atau minuman yang tumpah. Pengemudi tidak harus membawa penyedot debu dari luar, karena di mobil Honda Odyssey keluaran 2014, fitur ini sudah tersedia di area bagasi mobil.

Melansir dari laman Indianautos, Rabu 27 Februari 2019, pengemudi hanya tinggal menjulurkan selang vacuum yang tersedia di dinding bagasi. Kerja selang yang fleksibel, membuat tugas bersih-bersih jadi lebih mudah.

Kedua, bud vase atau vas bunga. Fitur yang tertanam di mobil Volkswagen Beetle ini juga tampak unik. Pabrikan asal Jerman menyediakan vas tepat di depan grill AC untuk meletakkan bunga. Tujuannya adalah, selain untuk memberi aroma semerbak di kabin, pengemudi juga bisa mendapat nuansa segar yang menenangkan.

Ketiga, mesin penyeduh kopi. Suatu terobosan dari Fiat yang berangkat dari ketergantungan pengemudi akan kopi. Fitur ini memiliki wujud layaknya botol termos kebanyakan. Pengemudi hanya perlu memasukkan bubuk kopi, menuangkan air, dan meletakkan botol tersebut di slot yang tersedia tepat di samping kursi pengemudi.

Keempat, mesin pembuat es batu. Bisa jadi fitur ini tak begitu fungsional di masa sekarang. Sebab, fitur ini merupakan bagian dari teknologi lawas. Toyota Van keluaran 1984 adalah mobil yang mengadopsinya. Cara kerja fitur ini serupa dengan lemari es. Bentuknya boks. Pengemudi hanya perlu memasukkan air ke dalamnya. Tunggu sejenak, sampai air itu membatu.

Beberapa teknologi memang tak lagi relevan dengan masa sekarang. Tapi perkembangannya membuat kita percaya, bahwa teknologi terus bergerak maju. (kwo)