Avanza Model Baru Bakal Jadi Taksi Lagi?

New Toyota Avanza 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Untuk mengembangkan pasar fleet atau pembelian dalam jumlah banyak, pada 2016 lalu Toyota merilis Avanza versi murah bernama Transmover. Mobil keluarga tersebut tidak dijual umum, hanya untuk perusahaan taksi.

Maka meski Avanza baru sudah dijual sejak Januari 2019, ternyata PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen mobil Toyota di Tanah Air, masih menjual Transmover dengan model lawas. Seperti yang disampaikan Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmy.

"Kami masih jual (model lawas) karena masih ada kebutuhan. Masih menggunakan model yang lama (Transmover), enggak desain yang sama dengan yang baru, produksi 2019," ujarnya di Yogyakarta, Kamis 28 Februari 2019.

Lantas kenapa tidak menggunakan model baru? "Waktu kami diskusi dengan konsumennya, rasanya dengan menggunakan desain lama mereka masih cukup oke. Kemudian mereka juga mempertimbangkan supaya serupa dengan model taksi sebelumnya," katanya.

Tapi menurutnya tidak menutup kemungkinan, ke depan Transmover juga ikut menggunakan model baru. Sebab, tergantung permintaan konsumen, terlebih Blue Bird yang menjadi pemesan Transmover terbesar untuk saat ini.

"Tahun ini sih belum bicara sampai situ (model baru). Tahun depan, tergantung konsumennya, kalau masih bisa menggunakan model sebelumnya ya. Memang secara jumlah produksi tergantung order," sambungnya.

Artinya line produksi dan cetakan Avanza model lawas masih bisa dilakukan, selagi permintaan konsumen besar. Menurut Anton, pabrik Toyota memproduksi Transmover hanya sesuai permintaan, dan untuk saat ini lebih fokus produksi model baru.

"Setiap bulan tidak terlalu besar-besar banget, paling 500 maksimum 1.000 lah. Karena memang permintaannya rental taksi, biasanya menjelang Lebaran baru dia mulai agak naik. biasanya kalau di awal tahun masih budgeting planning," katanya. (kwo)