Langka Banget, Mobil Balap Ini Pernah Ada Versi Bekasnya di Jakarta

Fiat Stanga Barchetta
Sumber :
  • Coachbuild

VIVA – Di tengah hiruk pikuk jalanan Jakarta, sesekali kita bisa melihat mobil-mobil berpenampilan eksotik melintas. Harganya tidak murah, bisa mencapai belasan miliar rupiah.

Modelnya bermacam-macam, mulai dari sedan hingga supercar. Bahkan, ternyata ada satu mobil balap yang pernah ada di Ibu Kota. Mobil tersebut adalah Fiat buatan 1951. Hal itu diutarakan oleh Presiden Direktur TDA Luxury Toys, William Tjandra.

“Mobil paling unik yang pernah saya jual itu, Fiat Barchetta. Itu kalau tidak salah buatan 1951,” ujar di Jakarta, Kamis 28 Februari 2019.

Menurut penelusuran VIVA di beberapa laman jual beli kendaraan, ruang pamer mobil mewah berstatus bekas pakai itu memang pernah memasang iklan mobil yang dimaksud. Harganya Rp1,2 miliar.

Mobil berwarna merah itu memiliki nama lengkap Fiat Stanga Barchetta. Meski membawa nama pabrikan mobil asal Italia, namun kendaraan tersebut adalah hasil racikan tiga bersaudara asal Negeri Pizza, yakni Gianfranco, Sandro dan Camillo Stanga.

Mereka mendirikan bengkel khusus, untuk membangun mobil yang bisa digunakan dalam kompetisi. Salah satunya adalah Stanga Barchetta, yang menggunakan sasis dari Fiat 500. 

Dibuat hanya tujuh unit, mobil tersebut dibekali dengan mesin Fiat 500 yang sudah mendapat sentuhan dari ahli peracik mesin balap, Giannini. Oleh dia, kapasitas mesin yang tadinya 500cc dinaikkan menjadi 600cc. Sistem pengabutan menggunakan karburator Weber model Twin Barrel. (kwo)