Jadi Pesaing Fortuner dan Pajero, Begini Penjualan Nissan Terra

Test drive Nissan Terra
Sumber :
  • VIVA/Jeffy Yanto

VIVA – Untuk meramaikan pasar mobil Sport Utility Vehicle tujuh penumpang di Tanah Air, PT Nissan Motor Indonesia merilis Terra pada Agustus 2018 lalu. Mobil gagah tersebut ditawarkan dalam lima varian, dengan mesin diesel berkapasitas 2.488cc.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, distribusi Terra dari pabrik ke diler di 2018 hanya 793 unit. Angka tersebut ternyata belum sesuai harapan, seperti yang disampaikan Presiden Direktur NMI, Isao Sekiguchi.

"Jumlah yang kita sama-sama lihat saat ini, memang belum menyentuh ekspektasi kami," ujarnya di BSD, Tangerang, Senin 4 Maret 2019.

Sekiguchi mengatakan, penjualan Terra di tahun lalu yang tidak sesuai harapan, disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, distribusi. Menurutnya, Nissan baru bisa mengirim unit ke diler dengan stabil di pertengahan Desember tahun lalu. Padahal, peluncurannya sudah sejak Agustus.

"Saya pikir, kami harus melakukan pekerjaan yang lebih baik, perihal komunikasi Nissan Terra kepada konsumen. Karena, Terra adalah benar-benar baru, dan konsumen baru mendengar soal produk ini," tuturnya.

Terra dibangun menggunakan sasis ladder frame. Sasis jenis ini lebih unggul untuk kendaraan bertubuh bongsor dan bisa dipakai membawa penumpang maupun barang sekaligus, serta untuk melibas beragam medan jalan.

Tersedia dalam empat varian; MT (4X2), E AT (4X2), VL AT (4X2) dan VL AT (4X4), mobil pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport itu dibanderol mulai dari Rp464 juta on the road Jakarta. (yns)