Jual Terra, Nissan Ungkap Keunggulan Fortuner dan Pajero Sport

Test drive Nissan Terra
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Persaingan mobil yang masuk dalam segmen Sport Utility Vehicle, di Indonesia cukup sengit. Semua produsen saat ini menawarkan SUV dengan kapasitas tujuh penumpang. Mulai dari Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, hingga Nissan Terra.

Sebagai pemain lama, Fortuner masih menjadi mobil gagah terlaris di 2018. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualannya mencapai 21.459 unit, disusul Pajero Sport dengan 20.975 unit.

Berbeda dengan pencapaian Terra. Baru diluncurkan pada Agustus 2018, mobil andalan Nissan itu laku 793 unit dalam kurun waktu sekitar empat bulan. Tidak sebanding dengan Fortuner dan Pajero, yang dijual dalam kurun waktu satu tahun.

Meski demikian, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi mengatakan, lambat laun konsumen di Indonesia akan sadar, bahwa Terra juga layak menjadi SUV pilihan. Alasan Fortuner dan Pajero Sport laku lebih banyak, menurut dia, karena dua produk itu sudah lebih dulu ada di pasaran.

"Yang ingin kami ciptakan adalah, kesadaran masyarakat mengenai mobil ini. Mereka masih berpikir, mempunyai Pajero, Fortuner karena rekam jejak yang lebih lama. Tapi, kami percaya diri dapat melakukan itu dengan Terra," tuturnya.

Saat disinggung, apakah tahun ini Terra bisa menjadi pesaing ketat Pajero Sport atau Fortuner, dia masih enggan berkomentar.

"Saya tidak bisa bicara mengenai kompetitor. Saya harap, kami bisa menjangkau konsumen yang merasa percaya diri dengan yang kami bawa," ungkapnya. (yns)