Deretan Mobil Bekas Paling Gampang Dijual Menurut Pedagang

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Guna menjaga perputaran uang tetap sehat dan mencari keuntungan berlebih, banyak pedagang mobil bekas melengkapi barang dagangan dengan produk yang banyak dicari orang. Dari sekian banyak produk, mobil bermerek Jepang lah yang masih mendominasi.

Seperti yang disampaikan, Country Manager Carsome, Andreas Djingga. Dia mengatakan, pemilik diler mobil bekas banyak mencari mobil fast moving. Tentu merek Jepang dan jenis dari mobil keluarga seperti Multi Purpose Vehicle.

"Saat ini top selling kami khusus family car seperti MPV ada Mobilio, Avanza, Innova, Livina dan city car Ayla atau Brio. Tahun produksi 2011-2014. Batasan tahun produksi mobil yang kami jual 2001," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.

Sementara itu menurut Marketing Manager Carsome, Maria Fransisca, dari riset yang dilakukan, banyak pedagang yang turut mencari barang dagangan di tempatnya. Sebab ada banyak mobil yang selalu dijual tiap harinya.

Data yang disampaikan menyebut, orang yang menjual mobilnya di Carsome kebanyakan adalah yang berumur 25-55 tahun. "Biasanya dalam hitungan jam mobil sudah terjual."

MPV Favorit

Menurut Presiden Direktur Mobil88, Halomoan Fischer, mayoritas pembeli mobil bekas memilih mobil merek Jepang. "Mayoritas konsumen masih mencari mobil Jepang. Biasanya untuk harga di bawah Rp150 juta, modelnya low MPV," kata Fischer kepada VIVA.

Senada dengan Fischer, pedagang dari showroom mobil bekas Jordy Mobil di Mega Glodok, Kemayoran, Jakarta Pusat, Andi mengatakan, mobil kategori low multi purpose vehicle atau mobil keluarga yang banyak dipilih.

"Tetap MPV yang banyak orang cari. Sekarang modelnya beragam, ada yang standar, ada yang pintu geser juga. Harga mobil keluarga ini memang lebih stabil kalau dibandingkan yang lain," kata Andi.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak pedagang melengkapi barang dagangannya dengan produk low MPV bermerek Jepang.

Mobil keluarga yang banyak diincar pembeli, kata Andi, adalah Suzuki Ertiga, Honda BR-V dan Mobilio, biasanya dipakai pribadi dan aktivitas harian. Sementara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia lebih sering diburu oleh pengemudi taksi online.

"Kisaran harganya mirip-mirip, Avanza, Xenia, Ertiga, BR-V, dan Mobilio, Rp100 sampai Rp150 jutaan. Tinggal cek kondisi, dan sesuaikan sama kebutuhan serta dana yang dimiliki," kata Andi. (mus)