Ertiga Standar Diubah Jadi Sport, Segini Biayanya

Suzuki Ertiga Sport
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales resmi merilis Ertiga Sport. Model transmisi matik dibanderol Rp251,5 juta, dan transmisi manual Rp241 juta. Perbedannya dari versi standar, desain eksterior lebih sporty, serta desain grille atas dan bawah berubah.

Selain itu, bumper bagian bawah Ertiga Sport dilengkapi spoiler. Perbedaan lainnya, rumah lampu kabut versi standar terbuat dari bahan plastik berkelir hitam doff, sedangkan edisi Sport dikelilingi lampu DRL (daytime running light) LED.

Bagian samping tipe Sport memiliki side skirt. Pada bagian belakang, dipasang spoiler di bagian atap, penambahan diffuser bumper bawah, kamera belakang, dan emblem Suzuki Sport di bagasi.

Masuk ke interior, mulai dari jok, dasbor, door trim, setir, hingga pengaturan AC digital untuk edisi Sport berwarna hitam. Head unit berukuran 6,8 inci layar sentuh.

Pengguna Ertiga baru versi standar yang ingin mengubah tampilannya menjadi edisi Sport, ternyata bisa dilakukan. Hanya, warna dasbor dan door trim tidak bisa diubah. Biayanya cukup mahal, seperti yang disampaikan Head of Spareparts SIS, Igantius Ratrianto.

"Konsumen Ertiga standar bisa mendapatkan aksesori yang menempel di Ertiga Sport, dan bisa diaplikasikan. Ada 13 komponen, tidak termasuk ubahan warna door trim dan dasbor menjadi hitam," ujarnya di Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.

Ignatius mengatakan, harga komponen saja Rp17,85 juta. Jika termasuk biaya cat dan pemasangan, totalnya Rp22,4 juta.

"Pengerjaan dua hari di diler. Pengecatan menyesuaikan warna bodi, karena bumper diganti. Paling murah pasang emblem, dan paling mahal pergantian head unit," katanya. (dhi)