Ertiga Akan Diproduksi Toyota, Logo Pun Sama

Ekspor All New Suzuki Ertiga
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Belum lama ini, PT Suzuki Indomobil Sales menghadirkan varian baru dari mobil keluarga andalan mereka di segmen low multi purpose vehicle, Ertiga. Hadir dengan tampilan layaknya mobil modifikasi, varian baru tersebut diberi nama Ertiga Sport.

Meski kualitasnya terbilang baik, namun model Ertiga kalah laku dibandingkan kompetitornya. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Mitsubishi Xpander.

Berbeda dengan di Indonesia, Toyota dan Suzuki di India justru menjalin kerja sama yang sangat erat. Mereka bahkan berbagi platform dan penggerak. Seperti dilansir dari Rushlane, Minggu 24 Maret 2019.

Toyota akan membuka teknologi kendaraan listrik mereka pada Suzuki. Selain itu, mereka juga memberikan beberapa model mobil untuk dijual dengan label Suzuki.

Sebagai gantinya, Toyota diperbolehkan memproduksi dan menjual produk Suzuki Ciaz dan Ertiga di diler-diler mereka yang ada di Negeri Hindustan. Namun, logo mobil-mobil tersebut terlebiih dulu diganti dengan milik Toyota.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, mengatakan, meski menjalin kerja sama dengan Suzuki, pihaknya juga akan tetap bersaing dalam hal pemasaran.

“Kami percaya, dengan saling memasok kendaraan dan mesin, akan membantu memberikan kami keunggulan kompetitif, yang diperlukan untuk bertahan dalam periode transformasi mendalam ke abad 20," ujarnya.