Dua SUV Buatan Indonesia Ini Jadi Favorit di Luar Negeri

Test drive All New Toyota Rush di Bandung, 17 Januari 2018
Sumber :
  • VIVA/Hadi Suprapto

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mobil yang paling populer di Indonesia berjenis multi purpose vehicle atau MPV. Meski demikian, bukan berarti jenis lainnya tidak laku sama sekali.

Salah satu segmen yang menunjukkan peningkatan penjualan, yakni sport utility vehicle atau SUV. Ini terbukti, dari tingginya permintaan akan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Tidak hanya di pasar dalam negeri, beberapa SUV buatan anak bangsa juga diminati oleh negara-negara lain. Menurut rilis yang diterima dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Selasa 2 April 2019, ekspor kendaraan dalam kondisi utuh merek Toyota di dua bulan pertama 2019, mengalami kenaikan empat persen.

Model SUV Fortuner kembali menjadi primadona, dengan total pengapalan sebanyak 7.890 unit atau berkontribusi 26 persen. Model Rush juga dikirim sebanyak 5.330 unit, atau sekitar 17 persen.

Selain dua model itu, ada beberapa model lain yang juga dikapalkan ke luar negeri. Mulai dari sedan Vios, MPV Avanza, hatchback Agya, hingga Kijang Innova.

“Kondisi ekonomi global saat ini sangat kurang menguntungkan. Namun demikian, kami tetap
berupaya untuk menjaga konsistensi kinerja ekspor, agar tetap tumbuh positif,,” ungkap Direktur Administrasi,Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam.

Dari sembilan model ekspor CBU Toyota, dua model SUV menyumbangkan kontribusi besar terhadap ekspor, yakni sebanyak 43 persen. Hal ini menunjukkan, bahwa tren permintaan pasar global terhadap model SUV sangat tinggi. (yns)