Beli Mobil Bekas di Showroom, Untung atau Buntung?

All New Toyota Rush di diler mobil bekas
Sumber :
  • Toyota Rush/Pius Mali

VIVA – Mobil bekas menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki atau mengganti kendaraan, namun dana yang dimiliki terbatas. Membeli mobil bekas bisa dilakukan di showroom maupun melalui penjual perorangan.

Pedagang mobil bekas dari showroom Langgeng Indah Makmur di Mega Glodok Kemayoran, Daniel Libianto mengatakan, ada beberapa keunggulan membeli mobil bekas di showroom dibandingkan melalui pemakai langsung atau pembeli pribadi.

"Keunggulan di showroom, pertama soal surat-surat sudah pasti benar. Bukan berarti pedagang perorangan enggak benar, cuma kalau kami kan showroom, pasti mengecek semua surat dan kelengkapan," kata Daniel ditemui di showroom-nya di Kemayoran, Jakarta, Rabu 3 April 2019.

Keunggulan lainnya, kata Daniel, kondisi mobil second yang dijual di showroom sudah pasti rapi dan siap pakai. Hal ini karena pedagang satu dengan yang lain saling bersaing untuk memasarkan jenis mobil yang sama.

"Pemakai langsung atau penjual pribadi biasanya kondisi mobil apa adanya. Kalau di showroom pasti dirapikan, diservis semua, jadi biar menarik juga kalau dipajang," ucapnya.

Bagi pembeli mobil bekas awam, Daniel mengatakan, kini bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga untuk mengecek kondisi mobil agar lebih yakin sebelum transaksi dilakukan. Tak hanya itu, pembeli juga biasanya dapat melakukan uji jalan singkat serta melakukan pengecekan mobil yang diincar ke bengkel resminya.

"Mau pakai jasa pihak ketiga untuk mengecek boleh. Bahkan mau mengecek kondisi mobil di bengkel resmi juga boleh, biar lebih yakin," ujarnya. (mus)