Jumlah Pabrik Mobil di Indonesia Akan Bertambah Satu

Logo Hyundai
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Hyundai menjadi salah satu dari puluhan merek otomotif global, yang memasarkan produknya di Indonesia. Bahkan, mereka telah memiliki rencana untuk membangun pabrik.

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, rencana tersebut masih dalam tahap persiapan dan diskusi.

"Baru diskusi tentang tahapan-tahapan yang ingin dilaksanakan, seperti insentif dan tentang keputusan lokasi. Mereka masih rahasia," ujarnya di Pameran IIMS 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 25 April 2019.

Jika rencana itu terwujud, maka Hyundai bukan hanya menjual produk di Indonesia, tetapi juga memproduksi secara lokala. Rencananya, kata Harjanto, mobil produksi lokal di Indonesia juga akan diekspor.

Berdasarkan diskusi dengan pemerintah, kata Harjanto, diketahui rencana pabrik tersebut akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Meski demikian, belum diinformasikan secara detail, soal lokasi serta waktu pembangunan pabrik.

"Pemerintah maunya mereka segera untuk diskusi. Rencananya kan, mereka 50 persen dari produksinya bisa ekspor. Berdasarkan timeline, rencananya tahun ini, pertengahan tahun ini," kata Harjanto.