Mesin Sama, tapi Tenaga Carry dan Ertiga Berbeda

All New Suzuki Carry
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales resmi merilis All New Carry, di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019. Mobil pikap buatan lokal tersebut menggunakan mesin berkode K15B, yang sama dengan Ertiga dan berstandar Euro4.

Meski sama-sama berkapasitas 1.462cc, tapi tenaga yang dihasilkan berbeda. Carry memiliki tenaga maksimal 95,6 daya kuda dan torsi 135 Newton meter. Sedangkan, tenaga Ertiga lebih besar, yakni 103,2 dk dan torsi 138 Nm.

Direktur Pemasaran SIS divisi roda empat, Donny Saputra mengatakan, meski sama-sama memakai kode K15B, ada beberapa perbedaan antara mesin Carry dan Ertiga baru. Dari posisinya, mesin Ertiga ada di depan. Sedangkan, Carry menggunakan model mesin tengah. Alhasil, proses pendinginannya tidak sama.

"Penutup kepala silinder beda, pendingin intake manifold beda, bypass system di kepala silinder beda, camshaft Carry lebih pendek, desain dan volume piston beda," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Kamis 25 April 2019.

Dony mengatakan, gigi rasio satu, dua, dan tiga juga dibuat berbeda. Karena, sebagai mobil pengangkut barang, Carry butuh tenaga besar di putaran bawah. (mus)