Hyundai Akan Rakit Mobil Ini di Indonesia

Logo Hyundai
Sumber :
  • Autoblog

VIVA – Produsen otomotif global mulai melirik Indonesia, sebagai tempat memproduksi kendaraannya. Beberapa merek besar seperti Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda, bahkan Wuling dan DFSK, mempunyai fasilitas untuk produksi maupun perakitan lokal.

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh produsen mobil Hyundai. Merek otomotif asal Korea Selatan tersebut berencana bukan hanya menjual produk, tetapi juga membangun pabrik di Tanah Air.

Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno, mengatakan rencana pendirian pabrik sudah dibicarakan langsung oleh Hyundai Motor Company dengan Pemerintah Indonesia

"Untuk pembicaraan dengan pemerintah terkait pabrik, itu dilakukan langsung oleh Hyundai Motor Company Korea. Kami hanya di-update, diberi tahu progress-nya segala macam," ujarnya di pameran otomotif IIMS di Kemayoran, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Dari pihak HMC, kata Mukiat, pihaknya mengetahui, bahwa persiapan dan diskusi terus dilakukan. Sehingga diharapkan, rencana membuat pabrik bisa direalisasikan dengan cepat.

"Kami ketahui masih on progress, masih ada beberapa isu yang mereka harus luruskan dulu dengan pemerintah,” tuturnya.

Jika tidak ada halangan, Mukiat mengatakan, peletakan batu pertama pabrik Hyundai di Indonesia akan dilakukan pada tahun ini. Sementara, produksi akan dimulai dua tahun sesudahnya.

"Produk di segmen SUV,” ungkapnya. (ase)