Perang Diskon MPV Baru, Siapa Terbesar

New Toyota Avanza Veloz 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Persaingan mobil jenis low multi purpose vehicle di Indonesia semakin ketat. Masing-masing produsen kendaraan roda empat berlomba menghadirkan produk terbarunya.

Mengawali 2019, ada pabrikan Toyota dan Daihatsu yang merilis All New Avanza dan Xenia. Disusul Honda Mobilio yang hanya mendapat penyegaran pada Februari. 

Lalu diikuti Suzuki yang memberikan fitur-fitur terbaru pada mobil keluarga andalan mereka, All New Ertiga. Meski berstatus 'gres' tetapi keempat mobil keluarga tersebut sudah mendapat diskon. 

Konsumen bisa menemukan potongan harga tersebut dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Rabat terbesar diberikan pada Ertiga varian standar. 

Salah satu tenaga penjual di booth Suzuki enggan disebutkan namanya mengatakan, selama IIMS diskon Ertiga standar Rp25 juta. Sedangkan edisi Sport yang baru dirilis hanya Rp18 juta.

"Promonya berlaku sampai tanggal 5 (Mei) saja. Kalau kredit kami potong diskonnya di TDP (total down payment), kecuali cash diskonnya buat potongan harga mobil," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Selasa 30 April 2019.

Kemudian, mobil keluarga yang dapat diskon terbesar kedua adalah Mobilio. Tenaga penjual di stan Honda, menyebut diskon Mobilio untuk semua varian mencapai Rp15 juta selama IIMS berlangsung.

"Kalau sudah punya mobil Honda sebelumnya bisa tunjukan STNK lalu ada tambahan diskon Rp5 juta. Selama di IIMS kami juga kasih Gopay Rp2 juta dan ada lucky dip iPhone X," tutur dia yang enggan disebut namanya.

Sedangkan potongan harga duet Low MPV buatan Astra masih kecil. Wiraniaga diler yang bertugas di booth Daihatsu menuturkan, diskon Xenia selama pameran berlangsung hanya Rp17 juta untuk semua tipe, dan gratis administrasi bagi yang ingin kredit.

Hal yang sama diterapkan salah satu tenaga penjual booth Toyota. "Promo Avanza DP ringan 20 persen dari harga mobil. Atau bunga mulai 4,5 persen tergantung tenor. Dan selama IIMS diskonya hanya Rp15 juta," ungkapnya.