Komponen Ini Diklaim Bikin Livina dan Xpander Irit BBM, Harganya?

Filter Ferrox diklaim lebih irit bahan bakar
Sumber :

VIVA – Filter udara berfungsi menyaring udara yang kotor sebelum dihisap ke ruang bakar melalui air intake. Maka itu, jika filter tersebut sudah kotor, performa mesin mobil otomatis akan menurun, begitu pula efisiensi bahan bakar.

Marketing Manager PT Primes Asia, produsen filter Ferrox, Andy Hasten mengatakan, jika filter udara kotor, maka akan menghambat performa mesin, dan bahan bakar lebih boros. Karena pori-pori filter menyempit, proses pembakaran jadi tidak sempurna.

Menurutnya, wajar setiap bengkel mobil akan menyarankan pergantian. Sebab bahan filter dari pabrikan terbuat dari kertas atau busa, maka rentan rusak jika dibersihkan. Berbeda dengan filter Ferrox yang terbuat dari bahan stainless stell.

Di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019, Ferrox merilis produk terbarunya untuk All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander. Filter udara tersebut diklaim mampu mendongkrak tenaga dan menjaga efisiensi bahan bakar kedua mobil keluarga tersebut.

"Filter ini mampu menyaring udara hingga partikel berukuran 45 mikron. Aliran udara bersih yang dibutuhkan mesin menjadi lebih lancar. Sehingga konsumsi BBM (bahan bakar minyak) lebih efisien dan tenaga mesin optimal, suara mesin halus," ujarnya.

Dia mengatakan, harga filter Ferrox Livina dan Xpander dibanderol Rp800 ribu, atau lebih mahal dari filter standar pabrikan. Namun, dalam jangka waktu panjang konsumen lebih untung, karena jika sudah kotor masih bisa dibersihkan, tidak perlu diganti.

"Selama IIMS kami berikan diskon 20 persen, sudah termasuk pemasangan. Konsumen juga mendapatkan souvenir, serta bonus voucher perawatan mobil senilai Rp500 ribu," tuturnya.