Siap Dipasarkan, Segini Harga Mobil Nasional Esemka Garuda

Mobil Esemka Garuda.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Setelah dinantikan kehadirannya sekian lama, akhirnya mobil perdana Esemka siap untuk dipasarkan secara resmi. Hal itu diketahui dari daftar yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

Dilansir dari laman resmi Kemendagri, Senin 6 Mei 2019, daftar tersebut berisi mengenai mobil-mobil yang sudah diizinkan untuk dijual secara nasional. Dalam daftar, tercantum nama Esemka Garuda 1 2.0 M/T.

Kode yang mirip seperti itu, juga pernah muncul dalam daftar uji tipe Esemka di Kementerian Perhubungan. Garuda 1 menjadi salah satu model yang sudah lolos uji tipe.

Beberapa tahun lalu, wujud Garuda 1 sempat tertangkap kamera, tengah diangkut sebuah truk. Dari bentuknya, diketahui bahwa mobil itu mengusung desain sport utility vehicle.

Ada kemiripan antara mobil perdana Esemka itu, dengan produk buatan China, Guangdong Foday Automobile Landfort, yang diluncurkan pada 2015. Mulai dari bagian belakang, sisi hingga sektor kaki-kaki.

Dari kode yang digunakan, diketahui bahwa mobil tersebut mengusung mesin 2.000cc. Transmisi yang disediakan hanya satu, yakni manual.

Pada laman Kemendagri, merek yang digadang-gadang sebagai mobil nasional itu mencantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Garuda 1 sebesar Rp209 juta. Angka tersebut mirip dengan NJKB milik Toyota Rush tipe S transmisi manual. Artinya, ada kemungkinan harga jualnya tidak jauh berbeda. (kwo)