Selera Pembeli Mobil Bekas Tahun Ini Meninggi

Mobil bekas
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Seperti mobil baru, pilihan kendaraan roda empat bekas saat ini cukup beragam. Meski demikian, mobil keluarga dengan bangku tiga baris menjadi yang paling banyak dicari pembeli, terutama oleh mereka yang hendak mudik.

Pedagang mobil bekas dari showroom Jordy Mobil, Andi mengatakan, pilihan mobil yang dijual pada musim mudik tahun ini lebih beragam.

"Tahun-tahun sebelumnya, MPV kelas bawah banyak. Tahun ini sama, tetapi yang kelas menengah juga mulai banyak dibeli," ujarnya kepada VIVA, Rabu 22 Mei 2019. 

Menurut Andi, pemilihan mobil keluarga kelas menengah untuk mudik dipengaruhi oleh dua alasan, yakni lebih bergengsi serta nyaman untuk perjalanan jauh. Untuk harga, katanya, konsumen memang harus membayar lebih.

"Pilihannya banyak, ada Kijang Innova, lalu Nissan Serena, Honda Freed. Harganya, Rp100 sampai Rp250 jutaan," tuturnya.

Sementara itu, pedagang mobil bekas dari Langgeng Indah Makmur, Halim mengatakan, pembeli mobil untuk mudik tahun ini lebih banyak yang membayar secara tunai, dibandingkan dengan kredit. 

"Tahun ini kelihatan, yang bayar tunai itu lebih banyak. Kalau pun mereka beli mencicil, di tempat saya banyak yang bayar down payment besar, bisa kisaran Rp20-35 juta. Tahun lalu, paling cuma Rp10 jutaan," ungkapnya. (yns)