Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 29 Mei 2019 | 15:09 WIB

Kurang Laku di Dalam Negeri, Produksi Sedan Indonesia Tetap Tinggi

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Toyota
Toyota Vios

VIVA – Zaman dulu, kendaraan pribadi beroda empat yang jadi favorit masyarakat Indonesia adalah sedan. Selain terlihat mewah, kenyamanan yang diberikan juga lebih dari model jip atau minibus.

Namun kini, hanya segelintir yang memilih mengendarai sedan. Harganya yang mahal dan hanya bisa menampung lima orang, membuat mobil jenis itu kurang laku di pasaran.

Baca Juga

Konsumen lebih memilih multi purpose vehicle atau sport utility vehicle, karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan menampung hingga tujuh orang.

Meski demikian, bukan berarti produsen mobil tidak menjual sedan lagi. Meski peminatnya tidak banyak, beberapa agen pemegang merek tetap menghadirkan model barunya.

Terpopuler

Bahkan, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai produsen, melakukan produksi sedan di Tanah Air. Ada dua model yang dibuat, yakni Vios dan hatchback Yaris. Sebelumnya, keduanya didatangkan dari Thailand.

April 2019 menjadi tahun ke-5 TMMIN memproduksi Vios dan Yaris secara lokal. Selama rentang waktu itu, jumlah unit yang dibuat sudah mencapai lebih dari 257 ribu unit.

Sebanyak 37 persen dari jumlah itu, disebar ke seluruh diler Toyota yang ada di Indonesia. Sementara itu, 63 persen atau sekitar 162 ribu unit dikapalkan ke luar negeri. Ada 13 negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah, yang menjadi tujuan ekspor.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan impor kendaraan utuh. Hal ini juga membuktikan bahwa industri otomotif nasional memiliki daya saing yang tinggi,” tutur Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam melalui keterangan resmi, Rabu 29 Mei 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Trotoar Jakarta Yang Bukan Lagi Untuk Pedestrian
BERITA - 8 jam lalu