Usai Lebaran, Harga Mobil Baru Bakal Naik

Booth Mitsubishi di IIMS 2019
Sumber :
  • MMKSI

VIVA – Setiap tahun, harga kendaraan bermotor mengalami kenaikan. Penyesuaian dilakukan, karena ada perubahan tarif pajak dan harga komponen.

Umumnya, hal itu dilakukan pada awal tahun. Namun, tidak jarang perubahan banderol dilakukan lebih dari satu kali dalam kurun waktu 12 bulan. Seperti yang terjadi, usai lebaran 2019.

Berdasarkan penelusuran VIVA di beberapa laman resmi produsen motor, penyesuaian harga sudah mulai dilakukan. Yakni, pada sepeda motor Honda Forza 250, Honda Super Cub C125 dan Yamaha XMax.

Sementara itu, hingga saat ini diler mobil belum mengubah banderol produk yang mereka tawarkan. Salah satu tenaga penjual diler Mitsubishi, Andri mengatakan, harga Xpander masih sama sejak pameran Indonesia Internasional Motor Show, yang digelar 25 April sampai 5 Mei lalu.

Namun, ia tak menampik adanya kabar soal naiknya harga jual untuk kendaraan bermotor roda empat. Faktornya yakni karena ada ubahan pada Bea Balik Nama.

“Sejak IIMS, harga Xpander Rp210,3 juta sampai Rp265,1 juta. Gosipnya bakal naik, karena BBN DKI. Soalnya, BBN di Tangerang dan Jawa Barat sudah naik,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 12 Juni 2019.

Hal senada disampaikan salah satu wiraniaga diler Wuling, Siti. Dia mengatakan, harga Confero berubah sejak Maret, mulai dari Rp146,8 juta sampai Rp191,8 juta. Soal besaran kenaikan, ia menyebut angka Rp3 jutaan.

“Tapi, bakal naik lagi gosipnya, setelah lebaran. Karena, BBN DKI akan naik. Sebelumnya, Tangerang sudah duluan,” tuturnya.

Sebagai informasi, nilai BBN di DKI Jakarta sampai saat ini masih 10 persen. Sementara, Tangerang sudah sebesar 12,5 persen, sejak Pemerintah Daerah Banten menyesuaikan tarif pajak kendaraan bermotor pada 11 Maret 2019.