Penjualan Mobil Mitsubishi Ini Bikin Geleng-geleng, Bukan Xpander

Mitsubishi TRITON dan L200
Sumber :
  • Mitsubishi

VIVA – Kalimantan Timur memang menjadi bagian penting bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Pulau Borneo. Itu bisa dilihat dari beberapa produk Mitsubishi yang mampu menjadi market leader di segmennya.

Hal itu juga dibenarkan Ilham Iranda, Departement Head of Sales & Dealer Management Region 3 PT MMKSI di sela-sela peresmian fasilitas body repair dan pengecatan PT Mandau Berlian Sejati di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa 18 Juni 2019.

Ilham menjelaskan, dalam empat bulan pertama di 2019, beberapa produk unggulan Mitsubishi penjualan retail salesnya sukses menjadi market leader di Kalimantan Timur. Yang menarik, justru bukan sang primadona Xpander yang menjadi penyumbang terbesar penjualan.

Bukan pula Pajero Sport. Justru Triton yang menjadi penyumbang terbesar penjualan retail sales Mitsubishi di Kalimantan Timur. Gilanya lagi, Triton unggul telak dari para pesaingnya dengan market share 82 persen.

"Triton hingga bulan keempat (April) menjadi market leader dengan menguasai pasar sebesar 82 persen dengan rata-rata penjualan sebanyak 265 hingga 270 unit perbulan. Pencapaian itu sekitar 80 persennya disumbang pasar fleet," kata Ilham.

Di posisi dua, lanjut Ilham, penjualan retail sales terbesar Mitsubishi di Kaltim disumbang  Xpander. Mobil keluarga Mitsubishi ini mampu terjual sebanyak 70-an unit perbulan. Meski secara pangsa pasar Xpander hanya 21 persen.

Disusul Colt L300 yang mampu dilego Mitsubishi sebanyak 25 unit perbulan. Angka tu membuat L300 sebagai market leader di segmennya dengan pangsa pasar 70 persen.

Sedangkan Pajero sendiiri laku terjual 25 unit perbulan. Meski begitu, angka penjualan Pajero di segmen middle SUV ini mencatatkannya sebagai market leader dengan market share sebesar 53 persen.